warga-tionghoa-ntb-bantu-islamic-center
lombokpress

Mataram-LPress

Gubernur NTB, Tuan Guru Bajang (TGB) DR. TGH. M. Zainul Majdi, mengungkapkan, interaksinya dengan kultur masyarakat Cina (Tionghoa/Tiongkok) telah lama dirasakan. Ada dua peristiwa yang sampai saat ini masih lekat dalam ingatannya. Peristiwa itu antara lain saat semasa sekolah dasar (SD). Dua kali dalam sepekan, ketika itu, TGB menemani Saudari dari orang tuanya berbelanja ke salah satu toko di Kota Mataram yang kebetulan milik warga NTB keturunan Tionghoa. Pada saat itulah, TGB menyaksikan dua orang anak pemilik toko tersebut memasukan uang ke dalam tempat penyimpanan uang. “Tuh lihat, mereka rajin menabung. Tidak hanya untuk belanja saja uangnya,” kata Saudari orang tuanya itu kepada TGB yang nampaknya memperhatikan ketertarikan TGB dengan kejadian itu.

Peristiwa kedua, TGB mengungkapkan, di masa yang sama, TGB mempunyai seorang teman yang memiliki perpustakaan di rumahnya. Salah satu koleksi di perpustakaan temannya itu, adalah cerita komik Kho Ping Hoo. Menurut TGB, setiap pulang sekolah dirinya hampir wajib membaca cerita komik Kho Ping Hoo tersebut. Sejak itu, TGB mengenal wilayah-wilayah dan istilah Cina (Tionghoa). Melalui bacaan komik dimaksud, TGB mengenal luasnya wilayah dan tingginya kebudayaan Cina.

Dua peristiwa yang dituturkan TGB itu disampaikan pada saat malam silaturahim Gubernur NTB, dengan warga NTB keturunan Tionghoa, Rabu (13/3) malam, di Hotel Lombok Plaza Mataram.

Dalam kesempatan yang sama, TGB mengajak kepada warga NTB keturunan Tionghoa untuk tidak bosan-bosan memberikan kontribusi yang terbaik untuk daerah ini. Sebab, bagaimanapun NTB adalah rumah bersama. Dengan kata lain, komitmen yang selama ini terbangun antara pemerintah daerah dengan warga NTB keturunan Tionghoa, tidak hanya berhenti sebatas komitmen tapi juga harus ditunjukkan dengan langkah-langkah nyata dalam pembangunan.

Pada malam silaturahim itu, warga NTB keturunan Tionghoa menyerahkan bantuan dana sebesar Rp100 juta kepada pemerintah daerah yang diperuntukan bagi pembangunan Islamic Center yang saat ini sedang proses pembangunan. Bantuan dana tersebut diterima langsung oleh Gubernur NTB. – M. Zakiy Mubarok

 

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.