TGB Berpeluang Menang Pilkada NTB 2013

Gubernur NTB Minta Petani Jaga Kualitas Tembakau
June 12, 2012
Quraish Butuh Kerja Keras Pada Pilkada 2013
February 10, 2013

TGB Berpeluang Menang Pilkada NTB 2013

Mataram, L-Press
Bulan Mei 2013 yang akan datang, Provinsi Nusa Tenggara Barat akan menggelar pemilihan umum kepala daerah (Pilkada). Hingga berita ini diturunkan, sudah muncul beberapa nama yang menyatakan diri akan turut berkompetisi dalam hajatan politik lima tahunan itu. Diantaranya kandidat petahana DR. TGH. M. Zainul Majdi, H. Harun Al Rasyid (mantan Gubernur NTB 1998-2003), KH. Zulkifli Muhadli (Bupati Kabupaten Sumbawa Barat), Mayjen (Purn) H. Lalu Suprapta (mantan Wakapolda NTB), H. Lalu Mariyun (mantan Ketua Pengadilan Tinggi NTB), H. Lalu Ranggalawe.
Jika melihat latar belakang masing-masing kandidat tersebut, kesemuanya hampir memiliki pengalaman yang sebanding. Namun, jika merujuk pada hasil survey yang dilakukan oleh Good Governance Institute (GGI) kandidat petahana nampaknya memiliki peluang yang cukup besar untuk menduduki kursi Gubernur NTB 2013-2018.
Realese yang diterima redaksi lombokpres.com, menunjukan, popularitas DR. TGH. M. Zainul Majdi (Tuan Guru Bajang/TGB) mencapai angka 90,2 persen. Disusul oleh Harun Al Rasyid 52,8 persen. “Responden diperbolehkan menyebut lebih dari satu nama untuk mengetahui tingkat pengenalan terhadap masing-masing kandidat,” kata Ahmad Afandi, Sekretaris GGI.
Survey yang dilaksanakan pada akhir bulan Desember 2012 itu melibatkan 610 orang responden di 51 kecamatan dan 61 desa se-NTB. Metodologi yang digunakan multistage random sampling. Dengan margin error 5 persen.
Dari jumlah responden tersebut, saat ditanya siapa yang akan dipilih jika Pilkada NTB dilaksanakan pada bulan Desember 2012 (saat survey dilaksanakan) 54,9 persen responden menjawab akan memilih DR. TGH. M. Zainul Majdi (Tuan Guru Bajang/TGB). Disusul Harun Al rasyid 7,7 persen, Zulkifli Muhadli (4,8%), tidak menjawab (22,8%). Sisanya tersebar dibeberapa kandidat lainnya.
“Kalau melihat hasil survey yang kami lakukan, maka dapat disimpulkan kandidat petahana memiliki peluang yang paling besar untuk menjadi Gubernur 2013-2018,” ucap Ahmad Afandi. *

Comments are closed.