Sumbawa Barat/L-Press

PT Newmont Nusa Tenggara (PT NNT) kembali meraih anugerah PROPER Hijau dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) yang diserahkan oleh Wakil Presiden RI, Prof DR Boediono M.Ec kepada Senior Manager HSLP, Environmental dan Security PT NNT, Racmat Makkasau, di Jakarta, Jum’at (26/11).

“Kami sangat bersyukur atas anugerah PROPER Hijau ini. Penghargaan ini merupakan pengakuan dan sekaligus penyemangat bagi kami untuk terus meningkatkan kinerja lingkungan hidup di tambang PT Newmont Nusa Tenggara,” kata Martiono Hadianto, Direktur Utama PT NNT.

PROPER Hijau diberikan untuk usaha dan atau kegiatan yang telah melakukan pengelolaan lingkungan lebih dari yang dipersyaratkan dalam peraturan (beyond compliance) melalui pelaksanaan sistem pengelolaan lingkungan, pemanfaatan sumberdaya secara efisien melalui upaya 4R (reduce, reuse, recycle dan recovery), dan melakukan upaya tanggung jawab sosial (Community Social Responsibility/Comdev) dengan baik.

Penilaian PROPER tahun ini diikuti sebanyak 690 perusahaan. Dari jumlah tersebut, 221 perusahaan diantaranya adalah perusahaan pertambangan, energi dan migas. Dan PT NNT adalah salah satu dari 35 perusahaan pertambangan, energi dan migas yang memperoleh PROPER Hijau.

Menurut Martiono, keberhasilan PT NNT meraih anugerah PROPER Hijau yang kelima kali ini, adalah berkat kerja keras seluruh karyawan dan kontraktor serta bimbingan dan arahan pemerintah pusat dan daerah dalam program pengelolaan lingkungan di tambang PTNNT.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat dan daerah atas pembinaan yang diberikan kepada kami dalam pengelolaan lingkungan tambang PT Newmont Nusa Tenggara,” kata Martiono. “Prestasi ini merupakan salah satu wujud keberhasilan kami menjalankan misi Perusahaan untuk menjadi yang terdepan di bidang perlindungan lingkungan dan tanggungjawab sosial,” kata Martiono

PTNNT mengoperasikan tambang tembaga dan emas Batu Hijau di Sumbawa Barat sejak 2000 dengan mempekerjakan lebih dari 7000 karyawan yang sebagian besar diangkat dari masyarakat lokal dan provinsi NTB. PTNNT telah memperoleh penghargaan PROPER Hijau lima kali dari Kementerian Lingkungan Hidup, serta penghargaan Aditama Lingkungan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. (M. Zakiy Mubarok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.