tgb-zainul majdi
Dr. TGH. M. Zainul Majdi

Oleh : Bintang Ramadhan Sr.

Pernah sekali waktu, saat melakukan kunjungan kerja ke salah satu kabupaten di Nusa Tenggara Barat yang dikenal sebagai penghasil jagung, Dr. TGH. M. Zainul Majdi (MZM) atau Tuan Guru Bajang (TGB) ingin melihat hamparan tanaman jagung yang menghijau dari atas bukit. Karena gemar olah raga, seketika turun dari kendaraan dia langsung lari kecil menaiki bukit tersebut. Beberapa orang staf dan aparat pemda yang turut dalam rombongannya mengikuti dari belakang dan turut berlari kecil. Apa yang terjadi sesampai di puncak bukit? Hampir semuanya, kecuali dia, terlihat kelelahan alias ngos-ngosan. Dia pun mengatakan,”kelihatan yang perokok dengan yang bukan perokok”.

Cerita tentang candaannya itu, sebenarnya hanya sepenggal dari cara MZM atau TGB dalam membangun komunikasi. Sebagai ulama yang umaro, dan umaro yang ulama, dia sangat pandai berkomunikasi dengan siapapun dan dari lapisan manapun. Dia bisa sangat serius dan detail terhadap sesuatu. Tegas tanpa kompromi. Tapi juga sesekali tersenyum atau tertawa terhadap guyonan atau gurauan.

Dia bisa selfie dengan petinggi semua angkatan TNI/Kepolisian dan Forkopimda di Provinsi NTB. Namun tak segan pula berinisiatif selfie dengan siswa siswi yang ingin berfoto bersama dengannya. Menjadi penyimak dan penyampai kajian tafsir Al Qur’an di kalangan para orang tua. Tapi juga tak canggung menjadi penyimak bacaan ayat suci Al Qur’an anak-anak. Itulah sisi lain dari MZM atau TGB.

Setiap pengajian, dia selalu menyesuaikan dengan siapa dan dalam spektrum apa pesan hendak disampaikan. Wajar jika tema, materi, isi, dan diksi pengajiannya nyaris selalu berbeda untuk masing-masing tempat. Menurut sebuah sumber, kita akan selalu mendapatkan pengetahuan baru di setiap pengajiannya. Sangat jarang dia mengulang materi pengajian yang telah disampaikannya di satu tempat. Hal itu sekaligus mengkonfirmasi kepada kita betapa dalam dan luas ilmu pengetahuannya. Kalau boleh meminjam istilah yang cukup familiar di telinga kita, dia kitab, sekaligus kamus berjalan.

Soal cara berkomunikasi misalnya, TGB atau MZM pernah mengungkapkan. Menurut Al Qur’an, katanya, ada yang namanya Qoulan Karima (memuliakan orang yang diajak komunikasi). Ada juga Qoulan Ma’rufa (menjunjung tinggi nilai-nilai budaya yang dihormati masyarakat). Qoulan Sadida (jernih, benar dan lurus). Qoulan Baligo menyesuaikan dengan masyarakat yang diajak komunikasi. Qoulan Maesuro’ (yang mudah jangan dipersulit). Qoulan Layyina (komunikasi tidak hanya soal substansi yang baik tapi terkait dengan cara dan metode yang terhormat dan beradab).

Soal efektifitas komunikasi dengan jamaah dan masyarakat yang dipimpin, diyakininya dapat berimbas pada terbangunnya masyarakat yang efektif. Sebab, kesuksesan pemimpin ditentukan pula oleh yang dipimpin. Sebagaimana dengan lugas dia mengungkapkan (Republika 5 Februari 2013), beragam pengakuan/penghargaan nasional yang dianugerahkan kepadanya selaku Gubernur merupakan bukti ketidakpasifan, hasil kerja keras, dan ikhtiar bersama seluruh masyarakat daerah yang dipimpinnya.

Dia menyebut beberapa diantaranya penghargaan nasional itu seperti penganugerahan Lencana Ksatria Bhakti Husada Arutala atas pembangunan di bidang kesehatan, penghargaan di bidang pangan 2010, penghargaan ei bidang pariwisata 2011 sampai Bintang Mahaputra Utama 2012.

Meningkatnya daya saing daerah juga menjadi indikator betapa followers yang dipimpin olehnya adalah pengikut efektif.

Ramadhan tahun lalu, sebagai Gubernur (Umara) dan Ulama dia mempelopori dan langsung memimpin kegiatan iktikaf di Masjid Raya At Taqwa Mataram. Seluruh Pimpinan SKPD dan staf lingkup Pemprov NTB diajak mengikuti kegiatan tersebut. Kegiatan itu -mungkin- tidak pernah dilakukan di masa-masa Gubernur NTB sebelumnya.

Ramadhan tahun ini nuansa kultural dan spiritualnya makin terasa. Islamic Center Hubbul Wathan di Provinsi NTB, yang berdiri kokoh dan megah di masa kepemimpinannya menjadi saksi dari makin semaraknya kegiatan Ramadhan di pulau seribu masjid ini. (bersambung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.