Mataram,/Lpress – Sekretaris Daerah Provinsi NTB, Drs. H. Abdul Malik, MM., menyatakan, upaya menurunkan angka pertumbuhan penduduk merupakan bagian dari langkah pemerintah provinsi NTB untuk memperbaiki indek pembangunan manusia (IPM) di daerah ini.

Hal itu dikatakannya saat membuka Rakerda Pembangunan Kependudukan dan Keluarga Berencana Tingkat Provinsi NTB tahun 2010 di Gedung Graha Bhakti Praja Kompleks Kantor Gubernur NTB, Kamis (11/3) di Mataram.

Karena itu, Sekda NTB menyambut baik apa yang telah dilakukan oleh pihak BKKBN NTB selama ini.

Sementara itu, Kepala BKKBN NTB, H. Sukardi Mkes, mengungkapkan, laju pertumbuhan penduduk di daerah ini berdasarkan sensus tahun 2000 sebesar 1,34 persen. Sementara secara nasional, sebesar 1,3 persen. Disamping itu, tingkat fertilitas di daerah ini sebesar 2,8 per wanita subur. Sedangkan secara nasional, angka fertilitas sebesar 2,3 persen.

Pelaksanaan Rakerda tahun ini dirangkaikan dengan Workshop Revitalisasi KB yang menampilkan nara sumber Dirjen Binkesmas Depkes RI dan Direktur Kesehatan Reproduksi Remaja dan Perlindungan Hak-Hak Reproduksi Remaja. Nara sumber lainnya, Direktur Pusat Study Kependudukan Universitas Indonesia dan Direktur Pemaduan Kebijakan BKKBN Pusat. (M. Zakiy Mubarok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.