LPDS Akan Gelar Lokakarya Kode Etik Jurnalistik

UMKM NTB Serap Seperempat Jumlah Penduduk
January 27, 2010
Pengunjuk Rasa Tuntut SBY-Boediono Mundur
January 28, 2010

LPDS Akan Gelar Lokakarya Kode Etik Jurnalistik

Mataram-Lembaga Pers Dr. Soetomo didukung Kedutaan Besar Norwegia akan memberikan beasiswa pendidikan dan pelatihan melalui kegiatan ‘Lokakarya Kode Etik Jurnalistik’ bagi redaktur senior dan reporter. Menurut rencana, kegiatan ini akan berlangsung pada tanggal 16 – 18 Februari 2010 di Kota Makasar Sulawesi Selatan.

Lokakarya kali ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta dalam menerapkan standar penyajian pemberitaan yang baik, sesuai dengan standar jurnalistik professional. Disamping itu, melalui kegiatan ini, peserta memiliki pemahaman mengenai dampak sanksi moral dan sanksi hukum karena tidak memenuhi persyaratan kode etik jurnalistik dan kode perilaku wartawan.

Materi yang akan disampaikan untuk para redaktur senior antara lain, kode etik jurnalistik untuk media pers cetak, media siaran radio, dan televise, serta media online. Materi lainnya, pengaruh amplop terhadap independensi wartawan dan pers, kode etik jurnalistik 2006 (rumusan dan penerapannya), masalah hak jawab dan hak koreksi public dan hak tolak wartawan, pelanggaran kode etik peliputan berita privacy dan pelaku tindak pidana dibawah umur, masalah gugatan pencemaran nama baik, fitnah, dan penghinaan terhadap pemberitaan dan ungkapan ekspresi, pengawasan dewan pers dalam pelaksanaan kode etik jurnalistik dan penyelesaian sengketa pemberitaan, penyelesaian konflik public dengan pers tentang pemberitaan melalui proses hukum, serta materi tentang bahasa pers melanggar kode etik jurnalistik dalam media daerah dan nasional.

Sedangkan materi yang akan disampaikan dalam lokakarya untuk reporter antara lain, seberapa jauh penerapan kode etik jurnalistik dalam pers kita (pada media daerah dan media nasional), kode etik jurnalistik 2006 (rumusan dan penerapannya), masalah akurasi dan keberimbangan dalam penyajian berita, bahasa jurnalistik dalam pers (kata ofensif, bias, dan konotatif), kode perilaku/code of conduct (media pers cetak, media siaran radio dan televise, serta media online), pedoman peliputan pers dan perlindungan hukum bagi wartawan (memperkecil kekeliruan informasi dan kemungkinan tuntutan hukum), serta materi tentang penyelesaian sengketa akibat pemberitaan antara public dan media pers (dari hak jawab sampai ke proses hukum).

Untuk dapat mengikuti kegiatan ini, peserta akan diseleksi terlebih dahulu melalui tulisan feature dan berita singkat, yang dikirim kepada panitia paling lambat akhir bulan Januari 2010. Selanjutnya, peserta yang lulus dalam seleksi akan diberitahukan pada tanggal 5 Februari 2010 yang akan datang. ***

1 Comment

  1. cyril says:

    dari media lombokpress.com ada yang ikut kan? Selamat ya, sekalian bisa merekrut koresponden makassar nih ….