Prof. R. Siti Zuhro, MA., Ph.D/sumber foto net

Yogyakarta – Peneliti Senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Prof. R. Siti Zuhro, MA., Ph.D., menyatakan, betapa rendahnya makna kepemimpinan jika menilai pemimpin hanya dari segi popularitas saja. Pemimpin juga harus memberikan tauladan-tauladan positif, memiliki integritas, etika, dan perbuatan yang meneladani.

Pemimpin adalah seorang teladan bagi masyarakatnya dalam semua hal. Seperti perilaku, ilmu, dan kehidupannya. Lebih dari itu, seorang pemimpin juga harus visioner yang mampu membawa masyarakat yang dipimpinnya menjadi masyarakat yang diinginkan di masa depan. Ia mesti mempunyai prediksi dan strategi langkah yang akan dilakukan untuk menghadapi tuntutan dan tantangan zaman.

Hal itu diuraikan Siti Zuhro dalam makalah berjudul Paradigma Kepemimpinan Perempuan untuk Indonesia Berkemajuan yang diperoleh LombokPress pada kegiatan Seminar Nasional Inspirasi ‘Kepemimpinan Perempuan Untuk Indonesia Berkemajuan’ di Universitas Aisyiyah Yogyakarta, Selasa (19/9/2017).

Siti Zuhro melihat saat ini soal kepemimpinan cenderung hanya dinilai dari segi popularitasnya saja. Hal itu dapat diamati dari hasil berbagai lembaga survey yang lebih menitik beratkan pada faktor popularitas ketimbang masalah integritas, nilai-nilai kepemimpinan, kapabilitas, dan kapasitas mereka dalam memimpin.

“Jika popularitas merupakan ukuran yang dipakai seseorang untuk mencalonkan diri atau dicalonkan menjadi kepala negara/daerah, maka betapa rendahnya makna seorang pemimpin,” urainya.

Lebih jauh Siti Zuhro, seorang pemimpin tentu dituntut memahami dan menguasai kompleksitas persoalan yang ada. Tanpa itu, ia tidak akan mampu mengambil atau merumuskan strategi pemecahan masalah yang dihadapi yang sangat kompleks. Selain itu, seorang pemimpin harus mampu bertindak adil bagi masyarakatnya.

“Yang tidak kalah pentingnya, pemimpin harus senantiasa berorientasi pada kebaikan rakyat yang dipimpinnya. Setiap langkahnya harus bermuara pada kebaikan tidak hanya bagi dirinyam tetapi juga bagi rakyatnya,” katanya. []

LOMBOK PRESS │FAUZAH RKH

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.