Gubernur NTB, TGH.M.Zainul Majdi, MA, bertemu dengan Gubernur Provinsi Utrecht Belanda di Kantor Gubernur Utrecht, Rabu (3/11) kemarin. Tujuannya, menandatangani kesepahaman kedua belah pihak dalam menjalin kerjasama kedua provinsi. Pertemuan ini merupakan tindak lanjut kunjungan Profesor Kummeling Dekan Fakultas Hukum, Ekonomi dan Good Governance Universitas Utrecht yang telah ke NTB setahun lalu.

Provinsi Utrecht dan Universitas Utrecht akan bekerjasama membantu NTB dalam bidang pendidikan, kesehatan, pengembangan agribisnis. Tidak hanya itu, bentuk kerjasama lainnya juga di bidang UKM, pelestarian lingkungan dan peningkatan pelayanan publik (good governance). Secara teknis dan detail format kerjasama kedua provinsi, ungkapnya, akan dikonkritkan setelah tim universitas dan Provinsi Utrecht berkunjung ke NTB dalam waktu dekat ini.

Untuk diketahui, biaya perjalanan Gubernur NTB dan pendampingnya ke Belanda tidak menggunakan anggaran daerah, meski secara resmi menjalankan tugas-tugas pemerintahan di luar negeri. Gubernur NTB kembali ke tanah air Rabu malam (4/11) waktu Belanda, sementara rombongan PBNW yang menyertainya akan melanjutkan pembahasan kerjasama sampai tanggal 9 November mendatang.

Kabag Humas dan Protokol Biro Umum Setda NTB L. Moh. Faozal, S.Sos, M.Si, mengatakan, jika kunjungan Gubernur yang didampingi Kepala Bappeda NTB Dr. H. Rosyadi H, Sayuthi, MSc, dan Kepala Biro Umum Setda NTB Ir. H. Iswandi menjajaki kerjasama di bidang pendidikan.

Mengenai adanya protes dari elemen masyarakat terhadap kepergian Gubernur, Kepala Bappeda maupun Kepala Biro Umum, menurut Faozal, tidak akan mengganggu berbagai proses yang menyangkut masalah pemerintahan di daerah ini. Pun, dengan masalah pembahasan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara antara DPRD dan eksekutif, tetap jalan. Dalam hal ini, katanya, meski Kepala Bappeda tidak ada, masih ada staf lain yang bisa mengerjakan tugas Kepala Bappeda untuk sementara waktu. (Suara NTB/4/11/2010)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.