MATARAM, L.Press.com – Sebanyak 26 siswa sekolah menengah atas yang berasal dari lima belas negara turut serta dalam lomba World Physics Olympiad (WoPho). Peserta ini adalah yang masuk dalam babak final setelah mereka lolos mengikuti fase seleksi yang diselenggarakan di Mataram, Nusa Tenggara Barat yang dimulai dari tanggal 28 Desember 2011 hingga 3 Januari 2012.

Dalam sambutan di acara pembukaan WoPho, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Nusa Tenggara Barat (NTB) Drs. H. Lalu Syafi’i, M.M mengatakan, kegiatan WoPho ini lahir atas ide dari Internasional Physics Olympiade dan Asian Physics Olympiad yang pesertanya siswa SMA dan sederajat.

Penyelenggaraan final WoPho yang berlangsung di Mataram, Nusa Tenggara Barat ini merupakan kegiatan kali pertama diadakan di dunia yang diprakarsai oleh Prof. Yohanes Surya, Ph.D yang merupakan pendiri World Physics Olympiad dan sekaligus pendiri dari Surya Institute.

Dari ke 26 peserta berasal dari Turki, China, Kazakhstan, Slowakia, Hongkong, Hongaria, Rusia, Bulgaria, Polandia, Belarusia, Singapore, Jerman, Estonia dan Brazil. Di luar para finalis tersebut tercatat ada 99 siswa/siswi dari Indonesia sebagai partisipan ditambah 15 orang siswa siswi dari Nusa Tenggara Barat.

Pada kejuaraan ini disediakan hadiah berupa medali emas, perak, dan perunggu. Dan hadian uang sebesar 20.000 dollar AS, serta mendapat beasiswa di perguruan tinggi kelas A. Bagi pemenang ‘the best theoriytical result’ dan ‘the best experimental result’ berhak atas hadiah masing-masing 10.000 dollar AS terang Syafi’i ke L.Press.com di sela acara pembukaan yang tadi malam berlangsung. (Yadin Black)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.